Visual Database of Modern Dutch Tropical Architecture in Indonesia

Visual Database of Modern Dutch Tropical Architecture in Indonesia

Project Number : R-295-000-017-112

Principal Investigator : Dr. Johannes Widodo
Collaborator : Dr. Wong Yunn Chii

Department of Architecture
School of Design and Environment
National University of Singapore

model-kolonial

Indonesia sangat melimpah dengan produk dari arsitektur kolonial. Berlangsungnya kolonialisme yang memakan waktu cukup panjang memberikan peninggalan yang cukup banyak. Jangka panjang tersebut menghasilkan budaya yang melekat dan mengakar dalam bagi rakyat Indonesia. Melihat hasil yang berupa artefak tentu kita akan mengingat salah satunya adalah arsitektur bangunan kolonial. Dengan luasnya wilayah jajahan di Indonesai maka produk arsitektur juga tersebar kedalam wilayah yang luas.

Pulau Jawa sebagai pusat kekuasaan kolonial memberikan kenangan yang cukup banyak. Banyak bangunan-bangunan kolonial yang masih tersisa di bagian bagian kota ataupun pelosok desa. Fungsi-fungsi bangunan tersebut tentunya sudah berubah disesuaikan dengan kebutuhan ruang aktifitas yang ada sekarang.

Situs ini menyediakan database secara terbatas terhadap bangunan-bangunan kolonial belanda yang terdapat di beberapa kota di pulau Jawa. Bangunan tersebut dibedakan dan dikategorikan menurut tatanan dan bentuk dari ruangan yang terdapat dalam bangunan tersebut. Jika diperhatikan dari hasil identifikasi 3D beberapa model bangunan yang ada, kita dapat membedakan dari susunan bangunan utama dan bangunan penunjangnya. Susunan ruang bangunan kolonial selalu memisahkan fungsi utama dan penunjang secara jelas.

Database ini mungkin menjadi bagian yang penting untuk melakukan penelitian, pembahasan, atau penulisan terhadap bangunan-bangunankolonial yang terdapat si pulau Jawa khususnya atau Indonesia umumnya.

Detail….http://www.arch.nus.edu.sg/casa/projects/tropical_ind/index.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s