EVALUASI PENGHAWAAN ALAMI BANGUNAN PENDIDIKAN BERFUNGSI KELAS GEDUNG GIRI REKA UPN VETERAN SURABAYA JAWA TIMUR

 

 Heru Subiyantoro[1]

Asri Dinapradipta.[2]

 

ABSTRAK

Bangunan pendidikan termasuk dalam jenis bangunan mempunyai tingkat aktifitas penggunaan yang menerus. Aktifitas yang dilakukan secara ruitn menuntut derajat kenyamanan yang memenuhi syarat sehingga aktifitas dapat berjalan dengan ideal.

Secara ideal pengukuran derajat kenyamanan terhadap penghawaan sebuah bangunan/ruang ditentukan oleh aliran udara yang masuk dalam sebuah bangunan/ruang. Namun Jumlah aliran udara yang terdapat dalam ruangan selanjutnya akan menentukan nilai air change dalam setiap jam. Jumlah ideal aliran udara dalam ruang dapat dihitung dengan merujuk terhadap standar kebutuhan udara per orang dikalikan dengan jumlah pengguna ruangan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap bangunan pendidikan yang mempunyai fungsi kelas. Bangunan pendidikan yang diteliti berlokasi di UPN Veteran Surabaya. Metode yang dilakukan adalah membuat simulasi bangunan pendidikan dalam program Aiolos dengan menggunakan data iklim dan bangunan dari lokasi penelitian. Dengan membandingkan kebutuhan standar ideal maka didapatkan karakteristik kinerja penghawaan bangunan tersebut.

Penelitian ini menghasilkan nilai air flow dan air change pada gedung Giri Reka UPN Veteran Jatim yang menggambarkan kinerja penghawaan alami didalam bangunan pendidikan.

 

kata kunci: penghawaan alami, Air-change, bangunan pendidikan.

[1] Heru Subiyantoro adalah mahasiswa pascasarjana Arsitektur ITS dan dosen Arsitektur UPN Veteran Jatim Surabaya

[2] Asri Dinapradipta adalah dosen pascasarjana pada Arsitektur ITS

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s