Selecting Object

Anda hanya dapat melakukan modus seleksi obyek ini pada halaman 3D Editor.

Single Object Selection

Untuk melakukan seleksi obyek satu per satu, pertama pastikan untuk mengaktifkan tombol Select . Kemudian gerakan cursor secara melintang pada obyek tersebut atau tempatkan pada obyek tersebut sampai cursor berubah menjadi dan kemudian klik kiri mouse anda. Tanda panah tersebut hanya akan muncul jika mouse masuk dalam area seleksi obyek. Anda dapat melakukan pengaturan area seleksi pada obyek pada Modelling tab dari User Preferences dialog.

Cycling Through Adjacent Object

Dalam obyek yang berbatasan, berdekatan atau bertumpuk segmen garisnya , seringkali kita melakukan kesalahan dalam memilih obyek garis.

Adding to selection set

jika anda menekan Shift key ketika menggerakan mouse dekat dengan obyek yang tidak terseleksi, cursor akan menunjukkan add selection yang mengijinkan anda untuk menanmbahkan obyek eksisting.

Removing from the selection set

Dengan menekan Control key, akan memunculkan tanda cursor , sehingga mengijinkan anda untuk melakukan penghilangan terhadap ob yek eksisting.

Teknik ini bekerja pada obyek tunggal maupun kumpulan obyek.

Window Selection

Untuk melakukan seleksi obyek dengan jumlah lebih dari satu (banyak) dalam satu kali seleksi, pastikan tombol select dalam keadaan aktif dan gerakan cursor menuju area kosong dari halaman 3D Editor. Jika kita tidak memilih lakukan klik sekali lagi dekat area tersebut. Kemudian jika ingin melakukan seleksi klik tombol bagian kiri dan tahan, geser posisi mouse sehingga obyek masuk dalam area seleksi.

Jika kita melakukan seleksi dari arah kiri ke kanan maka proses seleksi harus dilakukan obyek secara penuh masuk dalam area seleksi. Namun jika seleksi dilakukan dengan melakukan seleksi dari kanan ke kiri maka setiap obyek garis yang disentuh kotak selesi akan tepilih sebagai bagian yang diseleksi.

Catatan penting dalam seleksi obyek

  • anda dapat menggunakan Space bar dalam memindahakan pilihan pada obyek terdekat.
  • Drag dari arah kiri menuju kekanan untuk melakukan seleksi obyek secara komplit
  • Dragdari kanan menuju kekiri untuk melakukan seleksi keseluruhan dan sebagian dalam kotak seleksi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s